Nusantara


Nusantara

Menebar Bibit Kacang di Hari Nelson Mandela

Retno G. Saptawaty
Senin, 22 Agustus 2016

Tangerang - SoBer, ada tamu istimewa datang ke SMKN 2 Tangerang, Sabtu (20/8). Bahkan, tamu itu tidak ragu ikut menebar bibit kacang polong di kebin sekolah itu. Tamu istimewa itu adalah Mark Smulders. Beliau adalah Kepala Perwakilan FAO di Indonesia dan Timor-Leste.

Mark Smulders datang ke SMKN 2 Tangerang untuk memperingati Hari Internasional Nelson Mandela. Acara itu digelar oleh Pusat Informasi Perserikatan Bangsa Bangsa (UNIC) bersama Badan Pangan Dunia (Food Agriculture Organization) dan Yayasan DeTara. Hadir pula dalam acara itu adalah perwakilan dari kedutaan Afrika Selatan, negeri asal Nelson Mandela. Serta, para siswa dari 11 sekolah yang ada di Kota Tangerang.

Nah, peringatan Hari Internasional Nelson Mandela (HINM) ini bersamaan pula dengan Tahun Internasional Kacang-Kacangan. Pada 206 ini, peringatan HINM mengangkat tema Ketahanan Pangan dan Nutrisi untuk Semua. Itu sebabnya, peringatan HINM ini diwarnai dengan penyebaran bibit kacang polong di sekolah.

Oh ya, SoBer, peringatan Tahun Internasional Kacang-Kacangan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat nutrisi dari kacang-kacangan dan polong-polongan. Nah, dengan ditanamnya kacang-kacangan di kebun sekolah, diharapkan akan dapat mendorong para siswa untuk lebih peduli dan cinta lingungan.

"Perjuangan Mandela menginspirasi kami di FAO untuk selalu mengatasi kerawanan pangan dan nutrisi. Banyak penyakit sosial dan ekonomi menghalangi orang untuk mempunyai akses bagi makanan yang sehat,” kata Mark Smulders. (Foto: Antara).