Olah Raga


Olah Raga

Olimpiade 2016 Berakhir, AS Juara Umum

Risia Ruswati
Senin, 22 Agustus 2016

Rio de Janeiro - SoBer, pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade, sudah berakhir. Pesta penutupan Olimpiade 2016 digelar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Senin (21/8) pagi WIB. Acara penutupan dimeriahkan dengan musik, nyanyian, dan tari-tarian khas Brasil layaknya karnaval yang sering diselenggarakan “Negeri Samba” itu. Selain itu, atlet-atlet yang berpartisipasi juga ikut memeriahkan parade di acara ini, SoBer.

“Ini adalah Olimpiade yang luar biasa di kota yang juga luar biasa. Lebih dari 16 hari, rakyat Brasil bersatu untuk menginspirasi dunia, di masa-masa sulit mereka,” kata Thomas Bach, Ketua International Olympic Committee (IOC). Pak Bach resmi menutup Olimpiade 2016 yang diikuti 11.303 atlet dari 206 negara dan kontingen khusus pengungsi.

Pesta penutupan ini ditandai dengan menyerahkan bendera Olimpiade dari Wali Kota Rio Eduardo Paes kepada Ketua IOC Thomas Bach. Kemudian Pak Bach menyerahkan bendera tersebut kepada Gubernur Tokyo Yuriko Koike. Hadir pula Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Perlu kamu tahu SoBer, Olimpiade selanjutnya akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada tahun 2020.

Nah, dalam perolehan medali, kontingen Amerika Serikat dinobatkan sebagai juara umum, SoBer. Negara adidaya ini meraih total medali sebanyak 121 medali. Medali-medalinya terdiri dari 46 medali emas, 37 medali perak, dan 38 medali perunggu. Kemudian diikuti Inggris dengan total 67 medali dan Tiongkok dengan total 70 medali di peringkat ketiga. Sementara Indonesia ada di peringkat ke-46, SoBer, dengan 1 medali emas dan 2 medali perak. Selamat! (Foto: YouTube)