Nusantara


Nusantara

Kelebihan dan Kekurangan Transportasi Online

Katri Prameswari
Rabu, 16 Maret 2016

Jakarta – Menggunakan jasa transportasi berbasis aplikasi online sangat memudahkan masyarakat dalam bepergian. Kira-kira adakah kekurangan dari sistem online seperti ini? Ternyata ada saja. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan penggunaan transportasi berbasis aplikasi online.
 
Kelebihan

1.       Lebih Terpercaya

Para pengemudi ojek ataupun taksi dalam sebuah perusahaan transportasi online sudah terdaftar. Sebelumnya mereka sudah mendaftarkan diri dengan berbagai persyaratan tertentu. Termasuk dengan data diri yang jelas dan surat kelakuan baik dari kepolisian. Dengan begini, penumpang akan merasa lebih aman menggunakan pengemudi yang terdaftar.

2.       Praktis

Jika sebelumnya kamu ingin menggunakan jasa transportasi, biasanya kamu harus keluar rumah menuju jalan raya untuk mencari kendaraan yang kosong penumpang. Kamu harus merasakan panas bahkan hujan tanpa kepastian. Tapi, jika menggunakan aplikasi maka kamu bisa memesan moda transportasi dari rumah atau tempat yang nyaman. Ojek atau taksi yang kamu pesan akan menghampirimu.

3.       Tarif murah dan pasti

Setiap jasa transportasi online memiliki cara penghitungan tersendiri untuk tarif jasa. Kebanyakan dari mereka memiliki tarif yang lebih murah dari tarif jasa transportasi konvensional. Ditambah juga dengan adanya berbagai promo yang bisa menguntungkan penumpang. Semua tarif yang harus dibayar penumpang sudah tertera sejak awal, sehingga tidak ada proses tawar menawar dengan pengendara. Tarif pasti juga disukai oleh beberapa pelanggan.

Kekurangan

1.       Jaringan Bermasalah

Karena transportasi ini menggunakan jaringan internet, maka semua sistem bergantung dengan internet. Jika jaringan sedang bermasalah, walaupun kamu melihat ada pengendara jasa transportasi online di depan mata tetap tidak bisa kamu pesan.

2.       Pilihan Pengendara Ditetapkan Sistem

Saat akan memesan ojek atau taksi online, dalam aplikasi akan terlihat seberapa banyak pengendara online disekeliligmu. Namun, saat sudah memesan kamu tidak bisa memilih yang dekat denganmu. Bisa jadi pengendara yang akan menjemputmu sedang berada jauh dan kamu harus menunggu lama hingga terjemput.

3.       Tidak Bisa Berganti Tujuan

Sedari awal memesan kamu sudah menentukan akan naik dari mana dan turun dimana. Dengan begitu di aplikasi akan tertera tarif yang mesti kamu bayar. Maka saat ditengah jalan harus berganti arah maka kamu tetap harus membayar sesuai tarif awal yang disetujui.

4.       Data Pribadi Beredar

Saat kamu medaftarkan diri dalam aplikasi jasa transportasi online maka kamu diwajibkan mengisi berbagai data diri termasuk nomer telepon. Sesungguhnya data ini yang akan dipakai untuk pengendara bisa menghubungi saat kesusahan di jalan. Namun, kamu harus berhati-hati, karena sudah ada beberapa kasus yang menggunakan data ini untuk hal yang tidak diinginkan.

Dari kelebihan dan kekurangan ini kamu bisa memilih mau menggunakan jasa transportasi online atau konvensional. Tentunya apapun pilihanmu tetaplah berhati-hati saat menggunakan transportasi umum, ya! (Foto: Banyumurti)