Nusantara


Nusantara

Mendikbud Muhadjir Effendy: Akan Ada Full Day School

Retno G. Saptawaty
Selasa, 9 Agustus 2016

Malang - SoBer, berapa lama kamu belajar di sekolah? Apakah hanya sampai pukul 12.00 atau sampai pukul 15.00? Di masa depan, bisa jadi kamu akan berada di sekolahmu selama sehari penuh lho. Mengapa demikian? Begini…

Seperti kita tahu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan telah digantikan oleh Muhadjir Effendy. Nah, Mendikbud yang baru ini mengungkapkan progam pendidikan yang baru untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Mendikbud Muhadjir menjelaskan, jam sekolah tingkat SD dan SMP negeri maupun swasta akan menjadi sehari penuh atau “Full Day School”. Alasannya, agar anak-anak tidak sendirian di rumah saat orangtua mereka berada atau bekerja di kantor. Jadi, siswa SD dan SMP bisa sampai pukul 17.00 WIB di sekolah. 

“Dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orangtua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Mendikbud Muhadjir. Beliau mengungkapkan hal itu di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Malang, Jawa Timur, pada Minggu (7/8).

Selama di sekolah, anak-anak bisa menyelesaikan tugas-tugas dari guru mereka. Atau, bagi anak-anak beragama Islam, bisa belajar mengaji dengan bimbingan guru mengaji atau ustaz. Baru ketika sore tiba, anak-anak bisa dijemput oleh orangtuanya seusai jam kerja. Dengan demikian, anak-anak bisa pulang bersama orangtua hingga tiba di rumah kembali.

Nah, SoBer, bagaimana menurutmu tentang program jam belajar yang baru ini? Ungkapkanlah pendapatmu ke BERANI, ya. Ditunggu lho. (Foto: Dok. BERANI).