Olah Raga


Olah Raga

Tiga Kali Juara Tour de France

Risia Ruswati
Selasa, 26 Juli 2016

Prancis – SoBer, Tour de France adalah ajang balap sepeda internasional yang paling ditunggu oleh pebalap sepeda dunia. Sebabnya, ajang balap sepeda ini paling bergengsi di dunia. Balap sepeda yang mengambil rute-rute di sejumlah kota di Prancis ini telah selesai diselenggarakan pada 2 Juli sampai 24 Juli 2016.

Nah, di Tour de France 2016 ini ada sejarah yang dicatatkan oleh salah satu pesepeda asal Inggris Raya. Dia adalah Chris Froome. Di keseluruhan lomba ini, Froome memang hanya menang dua kali saat di etape 8 dan etape 18. Ia tak berhasil menjadi pemenang di etape terakhir dalam rute Chantilly menuju Paris yang berjarak 113 km, Minggu (24/7) lalu.

Meski begitu, catatan waktu totalnya mencapai 89 jam 4 menit dan 48 detik. Catatan waktu inilah yang mengantarkannya menjadi juara umum Tour de France 2016, SoBer. Ini merupakan gelar juara ketiga kalinya yang diraih Froome. Sebelumnya ia juga jadi pemenang Tour de France pada 2013 dan 2015.

Froome pun jadi satu-satunya pebalap dari Inggris Raya yang berhasil meraih tiga kali gelar juara Tour de France. Ia mensejajarkan diri dengan pebalap sepeda peraih tiga gelar lainnya, seperti Philippe Thys (Belgia), Louison Bobet (Prancis), dan Greg LeMond (Amerika Serikat). Wah, selamat buat Kak Froome! (Foto: letour.fr/Tour de France)